TOKOH PELOPOR EKONOMI YANG MENJADI LEGENDA

Adam Smith

LIBERALISME ADAM SMITH 


Tokoh teori pembangunan ekonomi Adam Smith lahir di Kirkcaldy, Skotlandia tahun 1723. Lulusan Oxford University ini sempat menjadi guru besar di Universitas Glasgow. Smith menerbitkan buku pertamanya Theory of Moral Sentiments yang membuat dirinya diterima di kalangan masyarakat intelektual. An Inquiry Into the Nation and Causes of the Wealth of Nations pada 1776 adalah karya besarnya yang membuat dirinya menjadi terkenal.
Teori Smith banyak mengambil gagasan dari tokoh-tokoh ekonomi terkenal sebelumnya. Namun adalah Smith yang membuat teori ekonomi yang sistematik dan mudah dicerna untuk kemajuan masa depan. Dalam karya masterpiece-nya, Smith meluruskan pendapat-pendapat yang dianut pakar-pakar sebelumnya. Salah satunya adalah Smith menjelaskan
bahwa sebuah negara tidaklah perlu menekankan pentingnya persediaan emas dalam jumlah yang besar, selain itu ia juga menolak pandangan para phsyiokrat yang mengatakan bahwa tanah adalah sumber utama dari nilai. Sebaliknya Smith menilai bahwa tenaga kerja adalah factor terpenting dalam produksi.
Smith meninggal tahun 1790 di tanah kelahirannya. Sesudahnya banyak sekali teori ekonomi yang muncul , yang dapat menggeser kedudukan teori Smith. Tapi tetap saja bahwa Smith merupakan tokoh terkemuka lahirnya Liberalisme di Dunia.

KARL MARX : SANG PELOPOR KOMUNISME

Karl Marx, Lahir di Trier, Jerman pada tahun 1818 dengan nama lengkap Karl Heinrich Marx, adalah seorang pelopor gagasan “sosialisme ilmiah”. Karl muda masuk kuliah di Universitas Bonn pada usia tujuh belas tahun mendalami hukum. Kemudian pindah ke universitas di Berlin yang lebih baik dan mendapatkan gelar Doktor dalam ilmu filsafat.
Karl Marx
Marx kemudian berkecimpung di dunia jurnalistik dan sempat menjadi redaktur Rheinische Zeitung di Cologne. Karena pandangan politiknya yang radikal dia lalu terpaksa pindah ke Paris. Di Paris, Marx bertemu dengan Friederich Engels seorang rekan yang sepikiran dengannya. Marx tak bisa tinggal lama di Paris karena berbagai hal, kemudian dia pindah ke Brussel, di kota inilah buah pikirannya tercipta. Pada tahun 1847 Marx menerbitkan karya The Poverty of Philosophy dan Communist Manifesto dua tahun kemudian bersama Friederich Engels. Karl Marx meninggal di London pada 1883. Sampai sekarang paham Marxistme dianut berbagai orang atau kelompok dan negara di seluruh dunia

0 komentar:

Posting Komentar